MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 1 KASUI KABUPATEN WAY KANAN

Main Author: PRAYOGA DESTA RIAMA, 1443034006
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54405/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54405/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54405/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54405/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Kasui Tahun 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK dengan menggunakan tiga siklus. Subyek penelitian dalam penelitian ini yaitu 32 siswa di kelas X IPS 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning memiliki pengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa hal ini terbukti pada siklus I aktivitas belajar siswa yang masuk kategori aktif sebesar 21,88% kemudian pada siklus II meningkat sebesar 50% dan pada siklus III meningkat hingga 71,88%. Selain itu model pembelajaran discovery learning juga memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terbukti pada pada siklus I hasil belajar siswa yang masuk kategori tuntas sebesar 6,25% kemudian pada siklus II meningkat sebesar 34,38% dan pada siklus III meningkat hingga 71,88%. Kata kunci: aktivitas belajar, discovery learning, hasil belajar DISCOVERY LEARNING MODEL TO IMPROVE ACTIVITIES AND RESULTS OF GEOGRAPHIC LEARNING STUDENTS OF 1 KASUI STATE 1ST SCHOOL WAY KANAN REGENCY This research behind by how the influence of the application of discovery learning learning model to improve student activity and learning outcomes in class X IPS 1 Kasui State 1 High School in 2018. The method used in this study is Classroom Action Research or PTK using three cycles. The research subjects in this study were 32 students in class X IPS 1. The results showed that discovery learning learning model had an influence in improving student learning activities this was evident in the first cycle of student learning activities that entered the active category by 21.88% then in the cycle II increased by 50% and in the third cycle increased to 71.88%. In addition discovery learning learning models also have an influence in improving student learning outcomes this is evident in the first cycle student learning outcomes that are categorized as complete by 6.25% then in the second cycle increased by 34.38% and in the third cycle increased to 71 , 88%. Keywords: discovery learning, learning activities, learning outcomes