PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP PESERTA DIDIK DENGAN MEMPERHATIKAN JENIS PENUGASAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA N 1 AIR NANINGAN

Main Author: MARIA DWI RETNO SARI , 1623031007
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54391/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54391/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54391/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54391/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kecakapan hidup peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kecakapan hidup peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Talking Chips dengan memperhatikan jenis penugasan. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan design factorial. Populasi penelitian ini 103 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 69 siswa. Teknik sampling penelitian ini menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data melalui penilaian antar teman dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan kecakapan hidup antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran two stay two stray dengan model tipe talking chips (2) Ada perbedaan kecakapan hidup antara peserta didik yang diberikan teknik penugasan proyek dengan peserta didik yang diberikan teknik penugasan portofolio (3) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan teknik penugasan terhadap kecakapan hidup; (4) Kecakapan hidup peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran two stay two stray lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran talking chips pada peserta didik yang diberikan penugasan proyek; (5) Kecakapan hidup peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe talking chips lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran two stay two stray pada peserta didik yang diberikan penugasan portofolio; (6) Kecakapan hidup peserta didik yang diberikan penugasan proyek lebih baik daripada penugasan portofolio pada peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran two stay two stray; (7) Kecakapan hidup peserta didik yang diberikan penugasan portofolio lebih baik daripada penugasan proyek pada peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran talking chips. . Kata kunci: kecakapan hidup (life skill), two stay two stray,talking chips, jenis penugasan. ABSTRACT This research is based on the low life skills of students on economic subjects. This study aims to compare the life skills of students using Two Stay Two Stray and Talking Chips learning model by considering the type of assignment. The method that used is quasi experiment with comparative approach. The research design used factorial design. The population of this study are 103 students with a total sample of 69 students. The sampling technique of this research is used simple random sampling. Technique of collecting data through observation. Hypothesis testing used two way variance analysis and two independent sample t-test. The result of data analysis shows that (1) There is the difference of life skill between students who learning using two stay two stray learning model using the type of talking chips model (2) There is the difference of life skill between students who are given the project assignment technique, with the students assigned the portfolio assignment technique (3) There is an interaction between the learning model and the technique of assignment to life skills; (4) There is the difference life skills of students who are taught using two stay two stray learning models are better than students who are taught using the learning model of talking chips on the students that given the assignment of the project; (5) There is the difference life skills of students who are taught using a model of learning type of talking chips are better than students who are taught using a two stay two stray learning model on the students that given portfolio assignment; (6) There is the difference life skills of the students that given the assignment of the project are better than the assignment of portfolio to the students using the learning model two stay two stray; (7) There is a significant difference of life skills of students who are given portfolio assignment is better than the assignment of projects to students using learning models of talking chips. Keywords: life skills, two stay two stray, talking chips, type of assignment.