PENERAPAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP MATERI HIDROKARBON (PTK pada siswa kelas X1 SMA Negeri 7 Bandar Lampung TP 2010-2011)
Main Author: | , ERMA FEBRIANDA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Archive Report |
Terbitan: |
Fakultas KIP
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/542/1/Cover.pdf http://digilib.unila.ac.id/542/2/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/542/3/DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unila.ac.id/542/4/BAB%20I.pdf http://digilib.unila.ac.id/542/5/BAB%20II.pdf http://digilib.unila.ac.id/542/6/BAB%20III.pdf http://digilib.unila.ac.id/542/7/BAB%20IV.pdf http://digilib.unila.ac.id/542/8/BAB%20V.pdf http://digilib.unila.ac.id/542/9/Lampiran.zip http://digilib.unila.ac.id/542/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil wawancara serta studi dokumentasi yang diberikan oleh guru kimia kelas X1 SMA Negeri 7 Bandar Lampung diperoleh data bahwa rata-rata nilai pengusaan konsep kimia siswa kelas X1 pada materi pokok hidrokarbon tahun pelajaran 2009-2010 yaitu sebesar 57,91 dan hanya 43,75% siswa yang memperoleh nilai ≥ 65. Nilai tersebut belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diterapkan di SMAN 7 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2009-2010 yaitu 100% siswa yang mencapai nilai ≥ 65. Sedangkan pada Tahun Ajaran 2010-2011 Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM) yang diterapkan yaitu 100% siswa yang mencapai nilai ≥ 68. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan : (1) Rata-rata persen-tase aktivitas belajar on task (2) Rata-rata penguasaan konsep kimia (3) Persentase ketuntasan belajar siswa, melalui pendekatan tutor sebaya pada materi pokok hidro-karbon dari siklus I ke siklus II. Erma Febrianda Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, subjek penelitian adalah siswa kelas X1 SMA N 7 Bandar Lampung TP 2010-2011 yang berjumlah 32 orang. Data penelitian terdiri dari data aktivitas on task, dan data penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan: (1) rata-rata persentase setiap jenis aktivitas on task siswa, dari siklus I ke siklus II adalah sebagai berikut: Aktif bertanya kepada guru sebesar 17,95% ; Aktif dalam diskusi kelompok sebesar 5,15% ; Aktif dalam mengemukakan pendapat sebesar 16,66%; Aktif dalam mengerjakan LKS sebesar 14,09. (2) persentase penguasaan konsep dari siklus I ke siklus II sebesar 15,27%,. (3) ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 26,93%. Kata kunci : pembelajaran menggunakan pendekatan tutor sebaya, aktivitas on task, penguasaan konsep, ketuntasan belajar.