KAJIAN KEPUASAN PENGGUNA BUS RAPID TRANSIT (BRT) BANDAR LAMPUNG TERHADAP KUALITAS LAYANAN MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM)

Main Author: Widodo, 1525011012
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/53627/4/ABSTRAK%20INGGRIS%20%26%20INDONESIA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/53627/5/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/53627/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/53627/
Daftar Isi:
  • KAJIAN KEPUASAN PENGGUNA BUS RAPID TRANSIT (BRT) BANDAR LAMPUNG TERHADAP KUALITAS LAYANAN MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) Persainagan dalam bisnis transportasi yang sangat ketat maka PT. Trans Bandar Lampung sebagai operator dan Pemerintah Kota Bandar Lampung sebagai regulator harus memikirkan langkah - langkah yang tepat dalam mengelola BRT Bandar Lampung sehingga dapat bersaing dalam bisnis tersebut. Mempertahankan kepuasan pelanggan merupakan langkah yang tepat untuk tetap bersaing dan menguasai pangsa pasar. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil surve dan kuisioner, serta data skunder yang diperoleh dari dokumen perusahaan, literatur dan internet. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Probability Sampling dengan cara Sistematic Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software statistik Smart PLS. Dalam penelitian ini menggunakan 1 variabel dependen yaitu kepuasan pelanggan dan 7 variabel independen yaitu keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan, keteraturan serta ramah lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan BRT. Ke-5 variabel tersebut adalah keamanan, dengan nilai koefisien sebesar 0.300, keterjangkauan dengan nilai koefisien sebesar 0.245, kesetaraan dengan nilai koefisien sebesar -0.211, keteraturan dengan nilai koefisien sebesar 0.206 dan ramah lingkungan dengan nilai koefisien sebesar 0.197. Kata kunci: BRT Bandar Lampung, Kualitas layanan, SEM STUDY OF BANDAR LAMPUNG BUS RAPID TRANSIT (BRT) SATISFACTION STUDY ON SERVICE QUALITY USING METHOD STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) In a very tight transportation business, PT. Trans Bandar Lampung as the operator and the City Government of Bandar Lampung as the regulator must think about the right steps in managing the Bandar Lampung BRT so that it can compete in the business. Maintaining customer satisfaction is the right step to stay competitive and dominate market share. The data used in this study are primary data obtained from the surveillance and questionnaire results, as well as secondary data obtained from company documents, literature and the internet. The sampling technique in this study is to use Probability Sampling by Systematic Sampling. Data analysis used in this study is the Structural Equation Modeling (SEM) method with the help of Smart PLS statistical software. In this study using 1 dependent variable, namely customer satisfaction and 7 independent variables namely security, safety, comfort, affordability, equality, orderliness and environmental friendliness. The results show that there are 5 variables that significantly influence BRT customer satisfaction. These 5 variables are security, with a coefficient of 0.300, affordability with a coefficient of 0.245, equality with a coefficient of -0.211, regularity with a coefficient of 0.206 and environmentally friendly with a coefficient of 0.197. Keywords: Bandar Lampung BRT, Service quality, SEM