MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS IV SDN 1 TALANG JAWA KECAMATAN MERBAU MATARAM KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Main Author: Kromo Sukarto, MUHSIRIN
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Archive Report
Terbitan: FKIP , 2014
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/521/1/Abstrak.pdf
http://digilib.unila.ac.id/521/2/Bab%201.pdf
http://digilib.unila.ac.id/521/3/Bab%202.pdf
http://digilib.unila.ac.id/521/4/Bab%203.pdf
http://digilib.unila.ac.id/521/5/Bab%204.pdf
http://digilib.unila.ac.id/521/6/Bab%205.pdf
http://digilib.unila.ac.id/521/7/Daftar%20%20Pustaka.pdf
http://digilib.unila.ac.id/521/8/LAMPIRAN.zip
http://digilib.unila.ac.id/521/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian pembelajaran ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan cooperative learning tipe cooperative script. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Obyek penelitian berjumlah 22 orang siswa kelas IV SD Negeri 1 Talang Jawa. Materi pembelajaran adalah bilangan bulat mata pelajaran matematika. Metode tindakan kelas dengan siklus perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan alat pengumpulan data. Teknik analisis menggunakan analisis kualitatif untuk aktivitas dan analisis kualitatif untuk hasil belajar. Aktivitas menggunakan lembar observasi dan tes untuk hasil belajar. Hasil penelitian perbaikan pembelajaran siklus diperoleh rata-rata 50,5 dan pada siklus II rata-rata sebesar 75,5. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 64% meningkat menjadi 90%. Aktivitas pembelajaran klasikal siswa pada siklus I sebanyak 54,55% dan pada siklus II meningkatkan menjadi 81,81%. Sedangkan aktivitas belajar siswa dengan metode belajar cooperative learning tipe cooperative script pada siklus I sebanyak 68,18% dan pada siklus II meningkat menjadi 96,58%. Kata kunci: Cooperative Learning Tipe Cooperative Script, Aktivitas, dan Hasil Belajar.