PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN TEMA LINGKUNGAN MELALUI METODE BERMAIN KARTU SISWA KELAS I A SD XAVERIUS I TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: Petrus Mardiwiyono, Maria Yasinta Sartini
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Archive Report
Terbitan: FKIP , 2014
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/514/1/02.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/514/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/514/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/514/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/514/5/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/514/6/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/514/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/514/8/LAMPIRAN.zip
http://digilib.unila.ac.id/514/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan tema lingkungan di SD Xaverius I Bandar Lampung Kelas I A. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pembelajaran tematik dengan tema lingkungan di SD Xaverius I Bandar Lampung kelas I A melalui metode permainan kartu. Rencana penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas melalui siklus berdaur ulang. Setiap siklusnya terdiri atas: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian pembelajaran tematik dengan tema lingkungan menggunakan metode permainan kartu menunjukkan bahwa : (1) terdapat peningkatan aktivitas siswa pada siklus 1 dan siklus II. Dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan aktivitas sebesar 16,67% dari 70% menjadi 86,67% , (2) kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Peningkatan kinerja guru dari siklus I ke siklus II sebesar 7,98% dari 73,77% menjadi 81,75%. (3) hasil pembelajaran tematik menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 13,33 % dari 73,33% menjadi 86,67%. Kata kunci: Aktivitas, hasil belajar, metode permainan kartu