PENGARUH DIMENSI LINGKUNGAN FISIK (SERVICESCAPE) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUANG RAWAT INAPKELAS VIP (SUDHA NIRMALA A dan B)RSUD ABDOEL MOELOEK BANDAR LAMPUNG
Main Author: | Aldo Rizki Oktaviano, 1341011008 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/51386/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/51386/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/51386/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/51386/ |
Daftar Isi:
- Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhdimensi lingkungan fisik (servicescape) pada kepuasan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif.Sumber data pada penelitian ini data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang dipilih berdasarkan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditetapkan. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 18.0. Hasil penelitian uji t didapat secara parsial dimensi lingkungan fisik (servicescape) yakni : kondisi sekitar(Xl), tata letak ruang dan fungsional (X2), tanda ,simbol dan artefak (X3) berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan konsumen (Y). Besarnya kontribusi dimensi lingkungan fisik (servicescape) pada kepuasan konsumen sebesar 44,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Lingkungan Fisik dan Kepuasan Konsumen abstract This study aims to determine the influence of physical environment dimensions (servicescape) on consumer satisfaction. The method used in this research is descriptive verification. The type of data used is qualitative data and quantitative data. Data sources in this study are primary data and secondary data. Data collection was done through distributing questionnaires to 100 respondents selected based on non-probability sampling technique with purposive sampling method with predetermined criteria. Data analysis using multiple linear regression with the help of SPSS 18.0. The results of the t-test research are obtained in partial dimensions of the physical environment (servicescape), namely: ambient conditions (Xl), space and functional layout (X2), signs, symbols and artifacts (X3) have a positive and significant effect on consumer satisfaction (Y). The magnitude of the contribution of the dimensions of the physical environment (servicescape) to customer satisfaction of the remaining 44.4% is influenced by other variables not examined. Keywords : Physical Environment and Consumer Satisfaction