PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI 2 KAMPUNG BARU BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Daftar Isi:
- abstrak indonesia Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh modelpembelajaran koope- ratif tipe Number Head Together(NHT) terhadap hasilbelajar matematikasiswa.Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttestnon-equivalen control group design.Sampel penelitian adalah siswa kelas VAdan VByang dipilih dari populasi kelas tinggiyang terdiri dari enam kelas secara purposive sampling.Data penelitian yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa data nilaipretest-posttest yang diubah ke dalam bentuk skor gain.Hasil penelitian dan analisis data N-Gain me- nunjukkan rata-rataN-gain kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipeNumber Head Together lebih tinggi dari rata-rataN-gain kelas yang mengguna- kan model pembelajaran konvensional. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwamo- del pembelajaran Number Head Together(NHT) berpengaruhpositif terhadappeningkatan hasilbelajar matematika siswa SD Negeri 2 Kampung Baru Bandar Lampung. Kata kunci: Model pembelajaran NHT, model konvensional, hasil belajarmatematika