Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi kinerja guru dan lembar aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Untuk hasil belajar digunakan instrumen berupa soal, sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari aktivitas siswa, pada siklus I dengan kategori cukup aktif, meningkat menjadi aktif pada akhir siklus II. Kinerja guru pada siklus I memperoleh kategori cukup, meningkat pada akhir siklus II dengan kategori baik. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 68,71% dengan kategori cukup baik, meningkat menjadi 83,23% dengan kategori baik. pada akhir siklus II Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT