PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH YANG MEMANFAATKAN LEAD ADVERSITY QUOTIENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK

Main Author: AVISA PURNAMA YANTI, 1623021011
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/49946/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/49946/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/49946/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/49946/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan mendapatkan produk pengembangan pembelajaran berbasis masalah yang memanfaatkan LEAD adversity quotient, serta menganalisis kevalidan, kepraktisan, kemenarikan dan efektivitas pengembangan pembelajaran berbasis masalah yang memanfaatkan LEAD adversity quotient terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 1 Talangpadang Tahun Pelajaran 2017/2018. Data penelitian diperoleh melalui tes adversity quotient dan tes penalaran matematis. Prosedur Penelitian menggunakan langkah Borg and Gall. Teknis analisis data menggunakan uji t dan N-gain. Hasil penelitian ini, yaitu (1) studi pendahuluan menunjukkan kebutuhan dikembangkannya pembelajaran berbasis masalah yang terfokus pada kesulitan peserta didik dalam menalar sehingga pembelajaran diarahkan dengan memanfaatkan LEAD adversity quotient, (2) pengembangan pembelajaran memiliki kategori valid dan perangkat pembelajaran yang juga memiliki kategori valid yaitu silabus, RPP, dan LKPD dengan rata-rata persentase adalah 86,52%, (3) hasil kepraktisan dan kemenarikan pengembangan pembelajaran berbasis masalah yang memanfaatkan LEAD adversity quotient memiliki kotegori praktis dengan rata-rata persentase adalah 83,17% dan kategori menarik dengan persentase nilai adalah 78,88%, dan (4) hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah yang memanfaatkan LEAD adversity quotient efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan rata-rata N-gain sebesar 0,72. Kemampuan penalaran matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah yang memanfaatkan LEAD adversity quotient lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional atau pembelajaran yang biasa diterapkan. Kata kunci: pembelajaran be abstract This research is a development research that aims at describing the process and get the product of developing problem-based learning that utilizes LEAD adversity quotient, as well as analyzing validity, practicality, attractiveness and effective-ness of the development of problem-based learning that utilize LEAD adversity quotient to improve the ability of students' mathematical reasoning. The subjects of this study are students of Tenth class of Senior High School 1 Talangpadang Academic Year 2017/2018. Research data were obtained through adversity quotient tests and mathematical reasoning tests. Research procedure used Borg and Gall step. Data analysis technique used t-test and N-gain. The results of this study are (1) preliminary study shows the need for the development of problem based learning that focuses on the difficulties of students in reasoning so that learning should utilizes LEAD adversity quotient, (2) the development of learning has valid categories and learning administration that also have valid categories namely syllabus, lesson plan, and students worksheet with average percentage is 86,52%, (3) result of practicality and attractiveness of problem-based learning development utilizing LEAD adversity quotient has practical categorization with average percentage is 83,17% and attractiveness category with percentage value is 78.88%, and (4) the effectiveness test results show that problem-based learning that utilizes LEAD adversity quotient is effective in improving students' mathematical reasoning ability with an average N-gain of 0.72. Mathematical reasoning ability of students who use problembased learning that utilizes LEAD adversity quotient is higher than conventional learning or commonly applied learning. Keywords: problem based learning,