STUDI PERBANDINGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: KHUSNI MUBAROKAH , 1413031027
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/48609/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/48609/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/48609/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/48609/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan aktivitas belajar siswa antara siswa yang menggunakan model permbelajaran tipeTeam Game Tournament dan siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization dengan memperhatikan minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pekalongan. Metode penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pekalongan, sebanyak 188 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 63 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VIII 3 dan VIII 4 yang ditentukan melalui teknik cluster random sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan t-test dua sampel independent. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament dan tipe Team Assisted Individualization pada siswa kelas VIII SMP Negeri1 Pekalongan. . Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Team Game Tournament, Team Asissted Individualization, Minat Belajat