PENGARUH PERUBAHAN LOGO (REBRANDING) TERHADAP CITRA KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN ANGKATAN 2014)
Main Author: | Gagah Prascoyo, 1316031028 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/48587/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/48587/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/48587/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/48587/ |
Daftar Isi:
- Logo baru Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menandai warna dan semangat baru dalam pembangunan kesehatan di Indonesia. Perubahan logo (rebranding) tersebut berpengaruh terhadap identitas yang digunakan untuk menggambarkan citra dan karakter Kemenkes RI. Penelitian ini betujuan untuk menjelaskan pengaruh rebranding terhadap citra Kemnkes RI. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei dengan tipe penelitian kuantitatif dan didukung oleh konsep rebranding. Variabel yang digunakan yaitu variabel x: perubahan logo (bentuk, warna, dan tipografi); variabel y: citra Kemenkes RI, dengan sebaran kuesioner sebanyak 70 responden dan dianalisa menggunakan regresi linear sederhana. Hasil regresi linear sederhana menunjukkan pengaruh yang signifikan antara rebranding terhadap citra Kemenkes RI dengan hasil sebesar 11% yang berarti jika perubahan logo bernilai 1 maka akan berpengaruh terhadap citra Kemenkes RI sebesar 11% sedangkan sisanya 89% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dalam penelitian ini. Kata kunci : Logo, Rebranding, Citra Kemenkes RI. The new logo of the Ministry of Health Republic of Indonesia (MH RI) marks the new color and spirit in health development in Indonesia. The rebranding affects the identity used to describe the image and character of MH RI. This study aims to explain the influence of rebranding on the image of MH RI. The method used in this research is survey with quantitative research type and supported by rebranding concept. There are three dimensions of the variable X, those are shape, color, and typography. On the other hand, there is only one dimension of the variable Y which are image of MH RI. The data were obtained by using the questionnaire of 70 respondents and analyzed using simple linear regression. The results of simple linear regression show that there is a significant influence between rebranding on the image of MH RI with a result of 11%. It means if the rebranding in logo is worth 1 it will affect the image of MH RI 11% while the remaining 89% influenced by other factors that are not part of this research. Keywords : Logo, Rebranding, Image of MH RI.