ctrlnum 4131
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK ORGAN PERNAPASAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas V Semester Ganjil SD Negeri 1 Gumukrejo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2013/2014)</title><creator>NURLAILA KURNIAWATI, 0913024059</creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>Aktivitas belajar berperan penting dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya yaitu mempengaruhi kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran. Hasil observasi di kelas V SD Negeri 1 Gumukrejo, menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa.&#xD; Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas V2 dan V1 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa yang diperoleh melalui observasi serta data pendukung berupa deskripsi tanggapan siswa&#xD; Nurlaila Kurniawati&#xD; iii&#xD; terhadap penggunaan media animasi yang diperoleh melalui penyebaran angket. Data kuantitatif diperoleh melalui pemberian pretes dan postes, kemudian rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain dianalisis secara statistik menggunakan uji-t melalui SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media animasi meningkatan aktivitas belajar pada semua aspek yang diamati dengan rata-rata peningkatan berkriteria baik (85,49 &#xB1; 7,42). Penguasaan materi mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes (45,50 &#xB1; 6,74); postes (85,72 &#xB1; 8,14); dan N-gain (74,67 &#xB1; 12,76). Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media animasi. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media animasi berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan materi oleh siswa. Kata kunci: media animasi, aktivitas belajar, penguasaan materi oleh siswa, organ pernapasan</description><publisher>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan</publisher><date>2014-07-15</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4131/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4131/2/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4131/3/COVER%20LUAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4131/4/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4131/5/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4131/6/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4131/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4131/8/MOTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4131/9/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4131/10/SANWACANA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4131/11/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4131/12/DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4131/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4131/14/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4131/15/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4131/16/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4131/17/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4131/18/Bab%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4131/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> NURLAILA KURNIAWATI, 0913024059 (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK ORGAN PERNAPASAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas V Semester Ganjil SD Negeri 1 Gumukrejo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/4131/</relation><recordID>4131</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author NURLAILA KURNIAWATI, 0913024059
title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK ORGAN PERNAPASAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas V Semester Ganjil SD Negeri 1 Gumukrejo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2013/2014)
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
publishDate 2014
isbn 9780913024058
topic A General Works = Karya Karya Umum
url http://digilib.unila.ac.id/4131/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/4131/2/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/4131/3/COVER%20LUAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/4131/4/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/4131/5/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/4131/6/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/4131/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/4131/8/MOTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/4131/9/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/4131/10/SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/4131/11/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/4131/12/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/4131/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/4131/14/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/4131/15/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/4131/16/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/4131/17/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/4131/18/Bab%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/4131/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/4131/
contents Aktivitas belajar berperan penting dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya yaitu mempengaruhi kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran. Hasil observasi di kelas V SD Negeri 1 Gumukrejo, menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas V2 dan V1 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa yang diperoleh melalui observasi serta data pendukung berupa deskripsi tanggapan siswa Nurlaila Kurniawati iii terhadap penggunaan media animasi yang diperoleh melalui penyebaran angket. Data kuantitatif diperoleh melalui pemberian pretes dan postes, kemudian rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain dianalisis secara statistik menggunakan uji-t melalui SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media animasi meningkatan aktivitas belajar pada semua aspek yang diamati dengan rata-rata peningkatan berkriteria baik (85,49 ± 7,42). Penguasaan materi mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes (45,50 ± 6,74); postes (85,72 ± 8,14); dan N-gain (74,67 ± 12,76). Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media animasi. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media animasi berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan materi oleh siswa. Kata kunci: media animasi, aktivitas belajar, penguasaan materi oleh siswa, organ pernapasan
id IOS4198.4131
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:08:02Z
last_indexed 2017-04-20T08:08:02Z
recordtype dc
_version_ 1686096540362342400
score 17.538404