PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BROSUR TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014)
ctrlnum |
4098 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BROSUR TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH
(Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah
Tahun Pelajaran 2013/2014)</title><creator>ELY FITRI ASTUTI, 0913024032</creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>Hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran IPA yang mengajar di kelas VIII SMP Negeri 1 Seputih Surabaya kabupaten Lampung Tengah menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar brosur terhadap peningkatan penguasaan materi oleh siswa.
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIIB dan VIIIC yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitiannya berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan brosur yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%.
Ely Fitri Astuti
iii
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar brosur dapat meningkatkan penguasaan materi oleh siswa dibuktikan dengan rata-rata pretes pada kelas eksperimen 16,74 ± 10,5; rata-rata postes 74,95 ± 7,62; dan rata-rata gain sebesar 0,70 ± 0,09. Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C2, C4, dan C5) dengan rata-rata gain pada indikator C2 sebesar 0,53 ± 0,20; indikator C4 sebesar 0,74 ± 0,10 dan indikator C5 sebesar 0,9 ± 0,3. Sedangkan rata-rata aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen yaitu 75,53% dengan kriteria tinggi. Selain itu, pada umumnya siswa (74,16%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan brosur. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan brosur berpengaruh dalam meningkatkan penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok sistem peredaran darah.
Kata kunci : Brosur, Penguasaan materi, Sistem Peredaran Darah</description><publisher>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan</publisher><date>2014-05-22</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4098/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4098/2/COVER%20D%20ALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4098/3/COVER%20LUAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4098/4/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4098/5/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4098/6/PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4098/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4098/8/MOTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4098/9/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4098/10/SANWACANA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4098/11/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4098/12/DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4098/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4098/14/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4098/15/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4098/16/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4098/17/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4098/18/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/4098/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> ELY FITRI ASTUTI, 0913024032 (2014) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BROSUR TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/4098/</relation><recordID>4098</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
ELY FITRI ASTUTI, 0913024032 |
title |
PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BROSUR TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH
(Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah
Tahun Pelajaran 2013/2014) |
publisher |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
publishDate |
2014 |
isbn |
9780913024034 |
topic |
A General Works = Karya Karya Umum |
url |
http://digilib.unila.ac.id/4098/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/4098/2/COVER%20D%20ALAM.pdf http://digilib.unila.ac.id/4098/3/COVER%20LUAR.pdf http://digilib.unila.ac.id/4098/4/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/4098/5/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/4098/6/PERNYATAAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/4098/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf http://digilib.unila.ac.id/4098/8/MOTO.pdf http://digilib.unila.ac.id/4098/9/PERSEMBAHAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/4098/10/SANWACANA.pdf http://digilib.unila.ac.id/4098/11/DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unila.ac.id/4098/12/DAFTAR%20TABEL.pdf http://digilib.unila.ac.id/4098/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://digilib.unila.ac.id/4098/14/BAB%20I.pdf http://digilib.unila.ac.id/4098/15/BAB%20II.pdf http://digilib.unila.ac.id/4098/16/BAB%20III.pdf http://digilib.unila.ac.id/4098/17/BAB%20IV.pdf http://digilib.unila.ac.id/4098/18/BAB%20V.pdf http://digilib.unila.ac.id/4098/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unila.ac.id/4098/ |
contents |
Hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran IPA yang mengajar di kelas VIII SMP Negeri 1 Seputih Surabaya kabupaten Lampung Tengah menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar brosur terhadap peningkatan penguasaan materi oleh siswa.
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIIB dan VIIIC yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitiannya berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan brosur yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%.
Ely Fitri Astuti
iii
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar brosur dapat meningkatkan penguasaan materi oleh siswa dibuktikan dengan rata-rata pretes pada kelas eksperimen 16,74 ± 10,5; rata-rata postes 74,95 ± 7,62; dan rata-rata gain sebesar 0,70 ± 0,09. Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C2, C4, dan C5) dengan rata-rata gain pada indikator C2 sebesar 0,53 ± 0,20; indikator C4 sebesar 0,74 ± 0,10 dan indikator C5 sebesar 0,9 ± 0,3. Sedangkan rata-rata aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen yaitu 75,53% dengan kriteria tinggi. Selain itu, pada umumnya siswa (74,16%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan brosur. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan brosur berpengaruh dalam meningkatkan penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok sistem peredaran darah.
Kata kunci : Brosur, Penguasaan materi, Sistem Peredaran Darah |
id |
IOS4198.4098 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:08:02Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:08:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096540204007424 |
score |
17.538404 |