Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan : 1) Komitmen organisasi dengan kinerja guru, 2) Komunikasi interpersonal dengan kinerja guru, 3) Kecenderungan emosional dengan kinerja guru dan, 4) komitmen organisasi, komunikasi interpersonal, kecenderungan emosional, secara simultan dengan kinerja guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Kotaagung. Jenis Penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Sampel penelitian didapat menggunakan rumus Taro Yamane sebanyak 78 dari populasi 97 0rang yang berasal dari dua tempat yaitu Madrasah Tsanawiyah Negeri Kotaagung dan Madrasah Tsanawiyah Swasta Nahdhatul Ulama Kotaagung. Data di peroleh melalui angket, kemudian dianalisis menggunakan teknik korelasi sederhana dan korelasi berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : 1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara komitmen organisasi dengan kinerja guru sebesar 0,413, 2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Komunikasi interpersonal dengan kinerja guru sebesar 0,706, 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecenderungan emosional dengan kinerja guru sebesar 0,621, 4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara komitmen organisasi, komunikasi interpersonal, kecenderungan emosional secara simultan dengan kinerja guru sebesar 0,836 . Komunikasi Interpersonal merupakan variabel yang memiliki hubungan paling besar dengan kinerja guru, diikuti kecenderungan emosional dan komitmen organisasi Kata Kunci : Kinerja Guru, Komitmen organisasi, komunikasi interpersonal, kecenderungan emosional.