PENGARUH MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG BERKEMAMPUAN AKADEMIK BERBEDA
Main Author: | Nurul Cahyani, 1413024060 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/40059/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/40059/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/40059/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/40059/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh model ADI terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, mengetahui signifikansi pengaruh kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, serta mengetahui signifikansi pengaruh interaksi antara kemampuan akademik dengan model ADI terhadap keteampilan berpikir kritis siswa . Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Pre-test- Postest Non- Equivalent Control Group Design. Unit perlakuan dari penelitian ini menggunakan faktorial 2x2. Faktor yang pertama adalah model pembelajaran ADI dan inkuiri terbimbing. Sedangkan faktor yang kedua adalah kemampuan akademik atas dan bawah. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siwa kelas VIII SMP N 13 Bandar Lampung. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif adalah data hasil pretes dan postes, sedangkan data kualitatif adalah data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran ADI dan inkuiri terbimbing, serta data hasil angket tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan model ADI dan inkuiri terbimbing. Data kuantitatif dalam penelitian ini dianalisis secara statistik dengan uji Ancova pada taraf nyata 5%. Uji lanjut yang digunakan adalah uji BNT (Beda Nyata Terkecil). Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji normalitas menggunakan One- Sample Kolmogorov Smirnov Test. Uji homogenitas menggunakan Levene’s Test of Equality of Error Variances. Data keterlaksanaan pembelajaran model ADI dan konvensional serta data tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ADI, kemampuan akademik, dan interaksi antara model pembelajaran ADI dengan kemampuan akademik berpengaruh signifikan terhadap keterampilan argumentasi dengan nilai signifikansi masing-masing adalah 0,000; 0,021; dan 0,014. Hasil analisis keterlaksanaan sintaks model pembelajaran ADI menunjukkan bahwa “hampir seluruh kegiatan terlaksana” dengan Persentase Keterlaksanaan Sintaks (PKS) sebesar 75 ≤ PKS ≤ 100. Hasil analisis tanggapan siswa terhadap pembelajaran sistem gerak pada manusia dengan model ADI memiliki persentase tanggapan yang lebih tinggi dibandingkan pembelajaran dengan model konvensional. Kata kunci: Model Argument-Drivent Inquiry, keterampilan berpikir ktitis, kemampuan akademik