PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWAKELAS IV SD NEGERI 21 TEGINENENG

Main Author: Ratih Purwasih, 1513069070
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/40057/4/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/40057/5/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/40057/6/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/40057/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 21 Tegineneng. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran IPS dengan menerapkan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan menggunakani lembar observasi dan tes.Teknis analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Terdapat Penigkatan aktivitas dan hasi belajar pada siklus I ke siklus II . Maka dengan ini dapat dikatakan bahwa indikator keberhasilan tindakan yang diharapkan telah tercapai. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, Numbered Head Together