PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 KAMPUNG BARU BANDAR LAMPUNG

Main Author: SEPTILIANA, 1343053034
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/40054/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/40054/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/40054/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/40054/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Kampung Baru Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Quasi eksperimen. Populasi berjumlah 40 peserta didik dengan sampel 20 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sumpling. Teknik pengumpulan data tes, observasi, dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana. Dari uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat penggaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Kampung Baru Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/ 2017. Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Pembelajaran IPA. ABSTRACT The problem in this study is the low learning outcomes of science students in grade IV SD Negeri 1 Kampung Baru Bandar Lampung. This study aims to determine the effect of using demonstration methods on students' learning outcomes. The type of research used in this study Quasi experiment. Population amounted to 40 students with a sample of 20 students. Sampling using purposive sumpling technique. Techniques of collecting test data, observation, documentation. Data analysis using simple linear regression formula. From the hypothesis test it can be concluded that there is a demonstration of the use of demonstration methods on the learning outcomes of science students of class IV SD Negeri 1 Kampung Baru Bandar Lampung academic year 2016/2017. Keyword: learning outcomes, demonstration methods, learning science.