HUBUNGAN KEGIATAN BERMAIN PERAN MAKRO DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK TUTWURI HANDAYANI BANDAR LAMPUNG
Main Author: | DINA VERONICA, 1213054021 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/40053/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/40053/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/40053/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/40053/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahknya kemampuan komunikasi lisan anak dan kurangnya kegiatan bermain peran dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kegiatan bermain peran makro dengan kemampuan komunikasi lisan kelompok B TK Tutwuri Handayani. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Tipe penelitian ini adalah korelasional atau penelitian yang melihat hubungan antara dua variabel. Penelitian ini menggunakan uji korelasi spearman rank. Penelitian ini merupakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 anak. Teknik pengambilan data menggunakan ceklis. Hasil penelitian dari 30 anak kelompok B menunjukkan adanya hubungan yang positif antara bermain peran makro dengan kemampuan komunikasi lisan. Hubungan antara bermain peran makro dengan kemampuan komunikasi lisan sebesar 0,94 menunjukkan sangat kuat hubungan antara bermain peran makro (X) dengan variabel kemampuan komunikasi lisan (Y). Kegiatan bermain peran makro meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi lisan. Kata kunci:anak usia dini, bermain peran, komunikasi lisan. abstract The problem of the research was the low of children’s oral communication development and the less of playing character activity in learning. The study simed to determine the correlation between the role playing sctivity with children oral communication ability in Tutwuri Handayani. This research was quantitative. The research used correlation method. This study was used spearman rank correlation test. population in this research were 30 childrens. Sample technique was used purposive sampling. Tecnicque collection using check list. The results of the study 30 children the positive collected by observationwith oral communication. The correlation between the role playing with the oral communication ability is 0,94. The result showed that there was positive correlation and very strong between role playing (X) and oral communication (Y). Role playing activity can children oral communication ability. Key words: early childhood, oral communication, role playing