IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON PESERTA DIDIK

Main Author: JENI PRATIKA SURYA , 1413022037
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/40051/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/40051/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/40051/
Daftar Isi:
  • Kualitas sumber daya manusia yang rendah dipengaruhi oleh kualitas pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah, sehingga perlu diterapkan pembelajaran yang membantu siswa meningkatkan kemampuan berpikirnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMAN 14 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Desain penelitian ini adalah One-Group-Pretest-Posttest. Data kemampuan berpikir kreatif siswa dikumpulkan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain sebesar 0,57 dengan kategori sedang, serta nilai signifikasi uji Paired Sample T-test sebesar 0,000 yang memiliki arti implementasi pendekatan pembelajaran STEM mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Pada penelitian ini indikator berpikir kreatif yang paling berpengaruh terhadap implementasi pendekatan STEM adalah indikator keterampilan berpikir luwes dilihat dari penilaian pretest dan posttest siswa yang diuji coba menunjukkan hasil yang meningkat secara signifikan. Kata kumci: Kemampuan berpikir kreatif, Model Problem Based Learning, Pendekatan STEM