DIPLOMASI JEPANG DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA MELALUI STRATEGI ‘COOL JAPAN’ (STUDI TAHUN 2012-2016)
Main Author: | VASCODAMALA AFDAL CATUR KUSUMA, 1316071044 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/40046/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/40046/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/40046/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/40046/ |
Daftar Isi:
- Cool Japan merupakan sebuah ungkapan yang dikeluarkan oleh masyarakat dari luar Jepang terhadap kepopuleran kebudayaan Jepang yang dianggap unik dan menarik. Melihat potensi yang dimiliki Cool Japan tersebut, Pemerintah Jepang pun menerapkan Cool Japan sebagai sebuah program atau strategi yang dirancang dan resmi didukung oleh METI yang memiliki tujuan untuk mempromosikan industri kreatif Jepang ke dunia internasional. Dibentuknya strategi Cool Japan juga berdampak terhadap sektor pariwisata Jepang yang semakin meningkat tiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya diplomasi Pemerintah Jepang dalam mengembangkan serta mempromosikan pariwisata Jepang melalui strategi Cool Japan di dunia internasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tehnik studi dokumentasi, studi pustaka dan wawancara. Metode penelitian menggunakan pengambilan data primer dan sekunder. Tehnik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada periode tahun 2012 hingga 2016 strategi Cool Japan berhasil membantu Pemerintah Jepang dalam membangun kembali sektor pariwisata negaranya. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya secara signifikan kunjungan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jepang dari tahun ke tahun dan Jepang menempati urutan pertama sebagai negara dengan citra positif di dunia pada tahun 2015. Hal ini membuktikan bahwa strategi Cool Japan berhasil membangun citra positif tentang Jepang serta membangun kembali kepercayaan terhadap masyarakat luar negeri untuk dapat datang mengunjungi Jepang. Kata kunci: Cool Japan, Pemerintah Jepang, Nation Branding, Diplomasi Budaya, Pariwisata Jepang abstract Cool Japan is an expression that is issued by the community from outside Japan against Japan were considered wave unique and interesting. Looking at the potential of Cool Japan, the Government of Japan to apply any Cool Japan as a program or strategy that is designed and supported by METI official who has the goal to promote the creative industries of Japan to the world International. The establishment of the strategy of Cool Japan also affect Japan's tourism sector that is growing each year. This research aims to describe and analyze the efforts of the Government of Japan in developing diplomacy as well as promote tourism Japan through a strategy of Cool Japan internationally. This research is a qualitative research. The method of data collection used in this study using the method of study documentation, the study of the literature and interviews. Research methods using primary and secondary data retrieval. The method of analysis used in this study is qualitative data analysis techniques. The results showed that in the period of the year 2012 to 2016 strategy of Cool Japan managed to help the Government of Japan in rebuilding his country's tourism sector. This is evidenced by the increasing significantly the visit of foreign tourists visiting Japan from year to year and Japan ranks first as a country with a positive image in the world by the year 2015. This proves that the strategy of Cool Japan managed to build up a positive image of Japan as well as to rebuild confidence in the foreign community to be able to come visit Japan. Keywords: Cool Japan, Japan Government, Nation Branding, Cultural Diplomacy, Japanese Tourism