ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN SERTA STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KERUPUK BAWANG DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus pada Agroindustri Kerupuk Bawang Winda Putri)

Main Author: Nurul Fajri Indah Lestari, 1414131138
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS PERTANIAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/40043/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/40043/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/40043/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/40043/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen kerupuk bawang serta strategi pengembangan agroindustri kerupuk bawang di Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus di Agroindustri Kerupuk Bawang Winda Putri. Responden penelitian ini terdiri dari Dinas Perindustrian Kota Bandar Lampung, karyawan agroindustri, dan konsumen dari kerupuk bawang yang dipilih secara snowball sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif menggunakan Customer Satisfactin Index (CSI), analisis SWOT dan Quantitive Strategic Planing Matrix analysis (QSPM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konsumen kerupuk bawang di Kota Bandar Lampung berada pada kriteria puas, (2) piramida loyalitas pelanggan kerupuk bawang adalah loyal, (3) kekuatan utama agroindustri adalah kapasitas produksi besar sedangkan kelemahan utama agroindustri adalah belum diterapkannya kegiatan promosi, (4) peluang utama agroindustri adalah kebutuhan dan minat konsumen terhadap produk tinggi sedangkan ancaman utama agroindustri adalah kurangnya peran aktif dari pemerintah, (5) strategi pengembangan untuk pengembangan agroindustri adalah jumlah produksi kerupuk bawang mentah ditingkatkan terutama pada musim panas agar tetap dapat memenuhi permintaan konsumen terhadap kerupuk bawang pada musim penghujan melalui penerapan alat mesin produksi yang lengkap dan telah dimiliki oleh agroindustri. Kata Kunci : konsumen, strategi pengembangan, kerupuk bawang ABSTRACT This research aims to analyze the level of consumer satisfaction and loyalty in Bandar Lampung City and build strategies on the development of onion cracker agroindustry. This research is a case study. The samples are stakeholders from agroindustry, government, employees, and consumers of onion crackers. Technique sampling for consumers is snowballing. The method of data analyzes used descriptive analysis by using analysis Customer Satisfactin Index (CSI), SWOT analysis and Quantitive Strategic Planing Matrix analysis (QSPM). The results showed that (1) consumers of onion crackers in Bandar Lampung were considered satisfied consumer, (2) consumers who were considered loyalty, (3) the main strength of agroindustry was large production capacity while the main weakness of agroindustry was the lack of promotion activities, (4) the main opportunities of agroindustry are the needs and interests of consumers towards high products while the main threat of agroindustry is the lack of an active role from the government, (5) main for the development of agroindustrywas the amount of raw onion cracker production was increased, especially in the summer so that it can still meet consumer demand for onion crackers in the rainy season through the application of a complete machine tool that has been owned by the agroindustry Key words: consumer, development strategy, onion crackers