ctrlnum 3996
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN&#xD; HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B PADA&#xD; PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU&#xD; DI SD NEGERI 7 METRO PUSAT&#xD; TAHUN PELAJARAN 2013/2014</title><creator>AQMARINA FERIAL, 1013053103</creator><subject>L Education (General) = Pendidikan </subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B pada pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri 7 Metro Pusat. Hasil pengamatan menunjukkan pembelajaran tematik terpadu belum berjalan sesuai yang diharapkan. Pembelajaran belum disesuaikan dengan tema, siswa belum terbiasa dengan kegiatan penyelidikan dan presentasi, kurangnya pemanfaatan media grafis, dan rendahnya hasil belajar siswa yang mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning dengan media grafis pada pembelajaran tematik terpadu.&#xD; Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk siklus, tahapannya yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan soal tes yang diolah menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.&#xD; Hasil analisis data menunjukkan, aktivitas siswa siklus I mencapai kualifikasi &#x201C;Cukup Aktif&#x201D; menjadi &#x201C;Aktif&#x201D; pada siklus II. Hasil belajar afektif siswa siklus I berkategori &#x201C;Cukup&#x201D; menjadi &#x201C;Baik&#x201D; di siklus II, kategori keterampilan siswa siklus I mencapai &#x201C;Cukup Terampil&#x201D; menjadi &#x201C;Terampil&#x201D; pada siklus II, dan persentase ketuntasan kognitif siswa siklus I sebesar 68% menjadi 80% pada siklus II. Penerapan model Problem Based Learning dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.&#xD; Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, problem based learning, media grafis</description><publisher>FAKULTAS KIP</publisher><date>2014-06-13</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3996/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3996/2/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3996/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3996/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3996/5/PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3996/6/DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3996/7/MOTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3996/8/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3996/9/SANWACANA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3996/10/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3996/11/DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3996/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3996/13/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3996/14/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3996/15/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3996/16/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3996/17/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3996/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> AQMARINA FERIAL, 1013053103 (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SD NEGERI 7 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/3996/</relation><recordID>3996</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author AQMARINA FERIAL, 1013053103
title PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SD NEGERI 7 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014
publisher FAKULTAS KIP
publishDate 2014
isbn 9781013053108
topic L Education (General) = Pendidikan
url http://digilib.unila.ac.id/3996/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3996/2/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3996/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3996/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3996/5/PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3996/6/DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3996/7/MOTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3996/8/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3996/9/SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3996/10/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3996/11/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3996/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3996/13/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3996/14/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3996/15/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3996/16/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3996/17/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3996/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3996/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B pada pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri 7 Metro Pusat. Hasil pengamatan menunjukkan pembelajaran tematik terpadu belum berjalan sesuai yang diharapkan. Pembelajaran belum disesuaikan dengan tema, siswa belum terbiasa dengan kegiatan penyelidikan dan presentasi, kurangnya pemanfaatan media grafis, dan rendahnya hasil belajar siswa yang mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning dengan media grafis pada pembelajaran tematik terpadu. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk siklus, tahapannya yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan soal tes yang diolah menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan, aktivitas siswa siklus I mencapai kualifikasi “Cukup Aktif” menjadi “Aktif” pada siklus II. Hasil belajar afektif siswa siklus I berkategori “Cukup” menjadi “Baik” di siklus II, kategori keterampilan siswa siklus I mencapai “Cukup Terampil” menjadi “Terampil” pada siklus II, dan persentase ketuntasan kognitif siswa siklus I sebesar 68% menjadi 80% pada siklus II. Penerapan model Problem Based Learning dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, problem based learning, media grafis
id IOS4198.3996
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:07:53Z
last_indexed 2017-04-20T08:07:53Z
recordtype dc
_version_ 1686096539308523520
score 17.538404