PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Bandar Lampung T.P. 2013/2014)

Main Author: Sovian Hakim, 1013021066
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2014
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/3790/1/1.%20COVER.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3790/2/2.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3790/3/3.%20Cover%20Dalam.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3790/5/4.%20Lembar%20Persetujuan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3790/4/5.%20Lembar%20Pengesahan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3790/6/6.%20Surat%20Pernyataan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3790/7/7.%20Riwayat%20Hidup.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3790/8/8.%20Motto.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3790/9/9.%20Persembahan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3790/10/10.%20SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3790/11/11.%20Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3790/12/12.%20Daftar%20Tabel.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3790/12/13.%20Daftar%20Lampiran.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3790/13/14.%20Bab%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3790/14/15.%20Bab%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3790/18/16.%20Bab%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3790/16/17.%20Bab%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3790/15/18.%20Bab%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3790/17/19.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3790/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa yang mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 24 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIC dan VIIID yang diambil dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis dan skala disposisi matematis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, namun tidak dapat meningkatkan disposisi matematis siswa. Kata kunci: berpikir kritis, disposisi matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah