IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK (Studi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Tri Sukses Natar Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018)

Main Author: Nimas Rahayu, 1413021049
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/37278/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/37278/7/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/37278/8/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/37278/
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan diimplementasikannya model discovery learning. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII semester genap SMP Tri Sukses Natar tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 94 siswa dan terdistribusi dalam empat kelas. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIIIC dan VIIID yang diambil secara purposive sampling dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep berbentuk essay. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t’. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa implementasi model discovery learning dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata kunci : Discovery Learning, Pemahaman Konsep Matematis.