PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 4 METRO UTARA
Main Author: | NADYA INDAH KINANTI , 1413053079 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/37262/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/37262/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/37262/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/37262/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 4 Metro Utara pada pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe time token dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar PKn. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 50 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan ratarata nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 70,40 , sedangkan pada kelas kontrol sebesar 61,80. Perbedaan nilai N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,41 dan kelas kontrol yaitu 0,25 dengan selisih 0,16. Hasil pengujian menggunakan rumus Product Moment dan Multiple Correlation diperoleh nilai Fhitung = 4,19 sedangkan Ftabel = 3,44 dengan kategori sedang. Berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe time token terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn peserta didik kelas V SD Negeri 4 Metro Utara. Kata kunci: hasil belajar PKn, time token, aktivitas.