EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 20 Bandar Lampung T.P. 2013/2014)
ctrlnum |
3615 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DITINJAU DARI PEMAHAMAN
KONSEP MATEMATIS SISWA
(Studi pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 20
Bandar Lampung T.P. 2013/2014)</title><creator>Lina Widiatami, 0853021031</creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran TPS ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 262 siswa dan terdistribusi dalam 7 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIB yang diambil secara acak. Desain penelitian ini adalah one group posttest only design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pemahaman konsep matematis berupa esai. Berdasarkan hasil analisis data, persentase siswa yang memahami konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TPS tidak lebih dari 65%. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TPS tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : pemahaman konsep matematis, TPS</description><publisher>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan</publisher><date>2014-09-29</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3615/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3615/2/COVER%20LUAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3615/3/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3615/4/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3615/5/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3615/6/DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3615/7/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3615/8/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3615/9/MOTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3615/10/PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3615/11/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3615/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3615/13/SANWACANA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3615/14/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3615/15/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3615/16/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3615/17/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3615/18/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3615/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Lina Widiatami, 0853021031 (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 20 Bandar Lampung T.P. 2013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/3615/</relation><recordID>3615</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
Lina Widiatami, 0853021031 |
title |
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DITINJAU DARI PEMAHAMAN
KONSEP MATEMATIS SISWA
(Studi pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 20
Bandar Lampung T.P. 2013/2014) |
publisher |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
publishDate |
2014 |
isbn |
9780853021032 |
topic |
A General Works = Karya Karya Umum |
url |
http://digilib.unila.ac.id/3615/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/3615/2/COVER%20LUAR.pdf http://digilib.unila.ac.id/3615/3/COVER%20DALAM.pdf http://digilib.unila.ac.id/3615/4/DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unila.ac.id/3615/5/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/3615/6/DAFTAR%20TABEL.pdf http://digilib.unila.ac.id/3615/7/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/3615/8/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/3615/9/MOTO.pdf http://digilib.unila.ac.id/3615/10/PERNYATAAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/3615/11/PERSEMBAHAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/3615/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf http://digilib.unila.ac.id/3615/13/SANWACANA.pdf http://digilib.unila.ac.id/3615/14/BAB%20I.pdf http://digilib.unila.ac.id/3615/15/BAB%20II.pdf http://digilib.unila.ac.id/3615/16/BAB%20III.pdf http://digilib.unila.ac.id/3615/17/BAB%20IV.pdf http://digilib.unila.ac.id/3615/18/BAB%20V.pdf http://digilib.unila.ac.id/3615/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unila.ac.id/3615/ |
contents |
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran TPS ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 262 siswa dan terdistribusi dalam 7 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIB yang diambil secara acak. Desain penelitian ini adalah one group posttest only design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pemahaman konsep matematis berupa esai. Berdasarkan hasil analisis data, persentase siswa yang memahami konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TPS tidak lebih dari 65%. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TPS tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : pemahaman konsep matematis, TPS |
id |
IOS4198.3615 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:07:24Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:07:24Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096536870584320 |
score |
17.538404 |