PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

Main Author: WAHYU FARIDA , 1213052047
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/33799/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/33799/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/33799/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/33799/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah self esteem siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan layanan konseling kelompok teknik assertive training dalam meningkatkan self esteem pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah metode quasi experimental dengan time series design. Subjek penelitian sebanyak 8 siswa yang memiliki self esteem rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala self esteem. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan layanan konseling kelompok teknik assertive training dapat meningkatkan self esteem siswa, hal ini ditunjukan dari hasil analisis data pretest- posttest skala self esteem menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairs Test, diperoleh zhitung = -2,530<ztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah layanan konseling kelompok teknik assertive training dapat dipergunakan untuk meningkatkan self esteem siswa pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci : konseling kelompok, assertive training dan self esteem