PERAN GURU DALAM MEMBANGKITKAN PARTISIPASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS VIII.2 DI SMP N 1 BLAMBANGAN UMPU TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: NADIYA ADISTA PUTRI, 1413032045
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32932/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32932/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32932/18/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32932/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran guru dalam membangkitkan partisipasi peserta didik pada pembelajaran PKn kelas VIII.2 di SMPN 1 Blambangan Umpu tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitaif. Jumlah populasi sebanyak 28 responden dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan chi kuadrat. Berdasarkan hasil pengujian dan pembahasan, menunjukan adanya peran guru dalam membangkitkan partisipasi peserta didik. Hal tersebut menerangkan bahwa ketika dalam proses pembelajaran berlangsung guru mampu mengoptimalkan perannya dengan baik seperti memotivasi, mengawasi dan mendidik. Maka hal tersebut dapat membangkitkan partisipasi peserta didik pada saat proses pembelajaran.. partisipasi peserta didik dalam hal ini berupa menyimak, bertanya dan berargumentasi. Kata kunci : guru, partisipasi, peserta didik