EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH

Main Author: RISKO APRIANDI, 1213023059
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32927/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32927/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32927/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32927/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas LKS berbasis discovery learning materi larutan penyangga untuk meningkatkan KPS ditinjau dari sikap ilmiah. Sampel diambil dengan teknik pusposive sampling. Analisis data menggunakan ANOVA dua jalur dan uji t. Hasil penelitian pada materi larutan penyangga menunjukkan: tidak terdapat interaksi antara pembelajaran menggunakan LKS dengan sikap ilmiah terhadap KPS; pembelajaran menggunakan LKS berbasis discovery learning efektif dalam meningkatkan KPS siswa; KPS siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dengan menggunakan LKS berbasis discovery learning lebih tinggi daripada LKS konvensional; KPS siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah dengan menggunakan LKS berbasis discovery learning lebih tinggi daripada LKS konvensional; KPS siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah dengan menggunakan LKS berbasis discovery learning. Kata Kunci : larutan penyangga, KPS, LKS, discovery learning, sikap ilmiah