PENGARUH KONDISI PASAR, FINANCIAL LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2016

Main Author: NIA DEWI MULYASARI, 1441011043
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32853/1/ABSTRAK%20.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32853/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32853/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32853/
Daftar Isi:
  • Underpricing terjadi disaat harga saham di pasar perdana lebih rendah dibandingkan dengan harga saham di pasar sekunder. Fenomena underpricing terjadi karena adanya kesalahan dalam penentuan harga di pasar perdana sebagai akibat adanya ketidakseimbangan informasi antara underwriter dengan emiten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi pasar, financial leverage, dan profitabilitas terhadap underpricing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan non keuangan yang melakukan go public tahun 2012-2016. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 perusahaan non keuangan yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil uji T menunjukkan bahwa variabel kondisi pasar, financial leverage, dan profitabilitas memiliki pengaruh negatif terhadap underpricing. Hasil uji R2 menunjukkan bahwa variabel underpricing dapat dijelaskan oleh variabel kondisi pasar, financial leverage, dan profitabilitas sebesar 26,65%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain dalam perekonomian yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Underpricing, Kondisi Pasar, Financial Leverage, Profitabilitas.