PENGARUH KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRETASI TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD NEGERI DI KECAMATAN MUARADUA

Main Author: JUWITA RUBAYHAN, 1623012005
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32747/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32747/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32747/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32747/
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan partisipatif kepala sekolah, budaya sekolah dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi pedagogik guru SD Negeri di Kecamatan Muaradua. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex post facto. Sampel penelitian adalah guru SD di Kecamatan Muaradua. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan partisipatif, budaya sekolah dan motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi pedaogik guru SD Negeri di Kecamatan Muaradua baik secara parsial maupun simultan. Hal ini bermakna jika kepemimpinan partisipatif, budaya sekolah dan motivasi berprestasi meningkat, maka kompetensi pedagogik guru juga akan meningkat. Kata Kunci: kepemimpinan partisipatif, budaya sekolah, motivasi berprestasi dan kompetensi pedagogik