PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO BARAT

Main Author: ADELIA SUKMAYANTI , 1413053004
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32732/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32732/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32732/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32732/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif pada penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 56,46 sedangkan pada kelas kontrol 58,33. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 72,50 sedangkan pada kelas kontrol 65,63. Hasil diperoleh data t hitung sebesar 2,057 sedangkan t menunjukan (2,057 > 2,021) berarti H tabel sebesar 2,021, perbandingan tersebut a diterima. Artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Barat. Kata kunci: Hasil Belajar IPA, Model Inkuiri.