PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTAAGUNG

Main Author: TIARA SHAVIRA , 1413022068
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32719/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32719/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32719/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32719/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul kontekstual berbasis multirepresentasi terhadap kemampuan berpikir kritis. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 SMA Muhammadiyah 1 Kota Agung. Penelitian ini dilakukan menggunakan quasi eksperimental dengan tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Data diuji dengan analisi N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji Paired Sample T Test, dan Analysis Of Covariance. Hasil dari uji paired sample t test nilai thitung > ttabel (42,225 > 1,695) dan nilai sig (0,000 < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pretest dan rata-rata nilai posttest Hasil dari uji nilai Analysis Of Covariance nilai Fhitung > Ftabel (13,075 > 4,00) dan sig (0,000 < 0,05) maka H0 ditolak maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan modul pembelajaran kontekstual berbasis multirepresentasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan nilai N-gain, rata-rata N-gain kemampuan berpikir kritis pada kelas eskperimen sebesar 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol dengan kategori sedang sebesar 0,60. Penggunaan modul pembelajaran kontekstual berbasis multirepresentasi pada materi Hukum Newton tentang gravitasi mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Muhammadiyah 1 Kota Agung. Kata kunci: Modul Pembelajaran Kontekstual, Multirepresentasi, Kemampuan Berpikir Kritis