PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATIONS PADA MATERI FLUIDA STATIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Main Author: Sigit Ardiansyah, 1413022060
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32671/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32671/19/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32671/20/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32671/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran kontekstual berbasis multiple representations terhadap kemampuan berpikir kritis. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA Negeri 1 Bandar Surabaya. Penelitian ini dilakukan menggunakan tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Data diuji dengan analisis N-gain, Uji Normalitas, Uji Homogenitas Dan Independent Sample T-test. Berdasarkan uji N-gain, nilai rata-rata N-gain kemampuan berpikir kritis pada kelas eskperimen sebesar 0,77 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol dengan kategori sedang sebesar 0,65, sehingga dapat dinyatakan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis kelas ekperimen dan kelas kontrol. Hasil dari uji nilai Independent Sample T-test nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,007, maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan modul pembelajaran kontekstual berbasis multiple representations terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Modul Pembelajaran Kontekstual, Multiple Represntations, Berpikir Kritis