PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 10 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: RESTU FITRIYANINGSIH, 1413053104
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32627/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32627/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32627/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32627/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 10 Metro Timur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model cooperative learning tipe script terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 10 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi berjumlah 43 siswa yang semuanya dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi dokumentasi dan teknik tes. Alat pengumpulan data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan model cooperative learning tipe script terhadap hasil belajar IPS siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 2,72, sedangkan ttabel sebesar 2,02. Perbandingan tersebut menunjukkan (2,72 > 2,02) berarti Ha diterima. Kata kunci: hasil belajar IPS, model cooperative learning tipe script