EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 18 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/2018)
Main Author: | WAYAN WIDYA RANI , 1413021079 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/32589/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/32589/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/32589/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/32589/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran penemuan terbimbing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 10 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-H dan VIII-J yang diambil dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Mann Whitney U pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan uji proporsi menggunakan uji Binomial Sign Test menunjukkan bahwa model pembelajaran penemuan terbimbing efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, pembelajaran penemuan terbimbing, pemecahan masalah matematis.