PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BRANTI RAYA
Main Author: | FEBRI PUSPITANINGRUM, 1413053049 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/32585/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/32585/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/32585/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/32585/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan perbandingan nilai N-Gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol, yaitu 0,54 dengan 0,23, selisih N-Gain kedua kelas tersebut sebesar 0,21. Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 38,82 dan rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 65,00 meningkat 26,18. Hasil penelitian menunjukkan (thitung= 2,459> ttabel= 2,000), berarti Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Branti Raya. Kata kunci: hasil belajar, make a match, matematika.