EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018)

Main Author: AYU SEPTIANA SARI, 1313021013
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32547/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32547/19/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32547/20/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32547/
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning atau PjBL terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 4 Bandar Lampung, tahun ajaran 2017/2018. Populasi terdistribusi dalam enam kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-MIA1 dan X-MIA2 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini diambil menggunakan desain posttest only control group design. Model PjBL dikatakan efektif apabila lebih dari 60% sampel mendapatkan nilai lebih dari 70. Hasil analisis data menunjukan bahwa model PjBL efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa karna lebih dari 60 % sampel mendapatkan nilai lebih dari 70 (skala 100). Kata kunci: model project based learning, pemahaman konsep matematis