HUBUNGAN KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 3 SUKAJAWA BANDAR LAMPUNG

Main Author: OKTARIANI, 1413053090
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32544/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32544/20/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32544/19/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32544/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi keluarga dengan hasil belajar, hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar, dan hubungan yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi keluarga dan minat belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 3 Sukajawa Bandar Lampung. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Jumlah populasi adalah 61 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan studi dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil uji hipotesis pertama terdapat hubungan yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi keluarga dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,612 pada taraf kuat. Hasil uji hipotesis kedua terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,540 pada taraf sedang. Hasil uji hipotesis ketiga terdapat hubungan yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi keluarga dan minat belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 3 Sukajawa Bandar Lampung ditunjukkan dengan kofisien kolerasi sebesar 0,527 berada pada taraf sedang. Kata kunci: sosial ekonomi, minat belajar, prestasi belajar.