PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 INDRALOKA 1 KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

Main Author: PUTU ROSMALINA, 1413053100
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32523/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32523/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32523/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32523/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penggunaan media manipulatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 01 Indraloka 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pilihan jamak untuk mengukur hasil belajar siswa dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media manipulatif. Rata-rata hasil pretest kelas eksperimen sebesar 46,14 dan rata-rata postest sebesar 69,32. Nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen 0,43 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,29. Selisih N-Gain yaitu 0,14. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media manipulatif terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 01 Indraloka 1 Kabupaten Tulang Bawang Barat yang berarti Ha diterima. Kata kunci: hasil belajar, matematika, media manipulatif.