PENGARUH PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2017/2018)

Main Author: NONI PERWITOSARI , 1413021050
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32502/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32502/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32502/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32502/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tulang Bawang Tengah tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 200 siswa yang terdistribusi dalam delapan kelas, mulai dari VII A hingga VII H. Pengam¬bilan sam¬¬pel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terpilih siswa pada kelas VII A dan VII B sebagai sampel. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil dari penelitian ini me¬nunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran think pair share lebih tinggi dari peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang me¬ngikuti pembelajaran konven¬sional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran think pair share ber¬pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: komunikasi, pengaruh, think pair share