PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 6 METRO BARAT

Main Author: MELLY PUTRI AGUSTINA , 1413053068
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32438/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32438/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32438/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32438/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture terhadap hasil belajar PKn. Metode penelitian ini adalah the non equivalent control group design dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Teknik analisis data berupa data kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,49 dengan kategori sedang dan N-Gain kelas kontrol yaitu 0,41 dengan kategori sedang. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test diperoleh data t-hitung sebesar 2,26 sedangkan t-tabel sebesar 2,00 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Barat. Kata kunci: Hasil, Picture and Picture, PKn.