PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: HIDIA AROMI , 1413053055
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32393/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32393/15/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32393/16/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32393/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran cooperative learning tipe time token terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Pusat . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi berjumlah 46 siswa yang semuanya dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan teknik tes. Alat pengumpulan data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 72,09 sedangkan kelas kontrol sebesar 64. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung sebesar 2,73, sedangkan ttabel sebesar 2,02. Perbandingan tersebut menunjukkan (2,73 > 2,02) berarti Ha diterima. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran cooperative learning tipe time token terhadap hasil belajar IPS siswa Kata kunci: hasil belajar IPS, model cooperative learning, time token.