HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG INTENSITAS PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI 2 TRIMULYO MATARAM

Main Author: SILVIA NELI PITA PATMI , 1413053124
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32391/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32391/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32391/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32391/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang intensitas perhatian orang tua dengan prestasi belajar IPS. Jenis penelitian yaitu expostfacto korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang intensitas perhatian orang tua ditunjukkan dengan koefesien korelasi sebesar 0,33 berada pada taraf rendah. Sumbangan persepsi siswa tentang intensitas perhatian orang tua terhadap prestasi siswa adalah 10,89 % dan sisanya yaitu 89,11% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: IPS, perhatian orang tua, prestasi belajar.