HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG INTENSITAS PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI 2 TRIMULYO MATARAM
Main Author: | SILVIA NELI PITA PATMI , 1413053124 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/32391/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/32391/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/32391/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/32391/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang intensitas perhatian orang tua dengan prestasi belajar IPS. Jenis penelitian yaitu expostfacto korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang intensitas perhatian orang tua ditunjukkan dengan koefesien korelasi sebesar 0,33 berada pada taraf rendah. Sumbangan persepsi siswa tentang intensitas perhatian orang tua terhadap prestasi siswa adalah 10,89 % dan sisanya yaitu 89,11% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: IPS, perhatian orang tua, prestasi belajar.