PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 1 METRO TIMUR

Main Author: NOVIAN TRIO NUGROHO, 1413053082
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32373/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32373/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32373/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32373/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 47 siswa. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 82,2, sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol sebesar 75,2. Perbedan nilai N-Gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol yaitu 0,61 dengan 0,40, selisih NGain kedua kelas tersebut sebesar 0,21. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data thitung sebesar 2,163 sedangkan ttabel sebesar 2,021, perbandingan tersebut menunjukkan (2,163 > 2,021) Ha diterima berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Kata kunci: snowball throwing, hasil belajar PKn