PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 2 METRO SELATAN

Main Author: WINU GALIH PUSPITO, 1413053143
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32372/2/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32372/4/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32372/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32372/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Metro Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 38 siswa. Penentuan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket Analisis data menggunakan uji statistik independent sampel t-test data thitung sebesar 2,391 sedangkan ttabel sebesar 2,021, perbandingan tersebut menunjukan bahwa (2,391 > 2,021) berarti Ha diterima. Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar IPS siswa. Kata kunci: hasil belajar IPS, model kooperatif,team assisted individualization