EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN LIMBAH CAIRAN PEMUTIH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

Main Author: ENTI YULITA , 1413023017
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32319/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32319/4/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32319/5/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32319/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah cairan pemutih (PBMPLCP) dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain The Matching Only Pretest and Postestt Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA YP Unila Bandarlampung tahun ajaran 2017/2018. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, diperoleh sampel penelitian kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik parametrik, yaitu menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBMPLCP efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Dilihat dari rata-rata n-gain dikelas eksperimen yang berkategori sedang dan nilai rata-rata postes keterampilan berpikir tingkat tinggi di kelas eksperimen yang lebih tinggi daripada rata-rata postes kelas kontrol. Kata kunci: limbah pemutih, keterampilan berpikir tingkat tinggi, pembelajaran berbasis masalah