PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 10 METRO TIMUR

Main Author: ANIS AMBAR WATI, 1413053012
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32307/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32307/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32307/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32307/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 10 Metro Timur pada pembelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model Problem Based Learning (PBL) melalui media grafis terhadap hasil belajar PKn siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 74,52, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 64,77. Perbandingan nilai N-Gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol, yaitu 0,39 dengan 0,14. Hasil pengujian menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh nilai Thitung = 2,801 sedangkan Ttabel = 2,021. Hal tersebut menunjukkan (Thitung>Ttabel ), berarti Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model Problem Based Learning (PBL) melalui media grafis terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 10 Metro Timur. Kata kunci: hasil belajar, PBL, media grafis.