HUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT
Main Author: | HENI SETIOWATI, 1413053053 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/32302/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/32302/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/32302/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/32302/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah minat belajar dan hasil belajar IPS yang beragam dan belum maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Muhammadiyah Metro Pusat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 230 orang siswa dan jumlah sampel diambil berdasarkan teknik proporsional stratified random sampling yaitu diperoleh 70 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan studi dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment dengan nilai koefisien korelasi r = 0,24 dengan thitung>ttabel yaitu 2,07>2,00 (dengan α = 0,05) artinya korelasi signifikan. Besar kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 5 %, sedangkan 95 % dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Muhammadiyah Metro Pusat. Kata kunci : Hasil belajar, IPS, minat belajar.